[Just For Fun] Rahasia Dibalik Petai

Pernah makan petai, udah ngaku aja.. Jangan-jangan menu di rumah petai mulu lagi.. hehe. Tapi tidak disangka di balik baunya yang ‘Luar Biasa’, petai memiliki khasiat yang ‘Luar Biasa’ pula. Jika tidak percaya sebenarnya nilai gizi petai sekelas dengan nilai gizi apel.

Petai

Petai yang diperkirakan berasal dari Malaysia lalu dibudidayakan di Indonesia, khususnya pulau Jawa juga memiliki banyak nama lain dari tiap daerah. Secara umum disebut petai, tetapi ada yang menyebut pete, sindutan (Jawa), peuteuy (Sunda), peteh (Madura), patai (Minangkabau), petar (Lampung), parora atau peti (dayak), pole (Bima), pati (Sumba), peloh (Seram Selatan), dan faopitu (Pulau Buru).

Bagian terpenting dari petai sudah tentu adalah bijinya. Even si petai ini bau, namun banyak orang juga yang menggemari biji yang satu ini. Petai biasanya dimanfaatkan sebagai penambah selera makan, bisa sebagai lalap, direbus, atau dibakar. Apalagi ditambah sambal, wuih sedap nian dah.. bikin ngiler.

Ets, bagi yang doyan apel bakalan kecele, karena petai memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya.

Petai gantung

Riset membuktikan, dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Karena itu, petai merupakan sumber energi yang potensial untuk mendukung berbagai aktivitas.

Kandungan fosfor pada petai juga cukup baik, yaitu 115 mg per 100 g biji. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak setelah kalsium. Kurang lebih satu persen berat tubuh kita terdiri dari fosfor. DNA dan RNA di dalam tubuh kita terdiri dari fosfor dalam bentuk fosfat, demikian juga membran sel yang membantu menjaga permeabilitas sel. (ingat pelajaran biologi dulu??)

Nah, ini pertanyaan klasik. Kenapa sih pete atau petai itu baunya nggak nahan??? Bau tak sedap yang khas (khas banget!) merupakan salah satu ciri dari napas maupun urin penggemar fanatik petai. Di Amerika, petai terkenal sebagai the most horrible food ini the world (makanan yang paling mengerikan di dunia :p) lantaran baunya yang ‘keren’. Apa yang membuat petai mengasilkan bau yang ‘luar biasa’?

Penyebab bau itu sebenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung di dalam biji petai. Asam amino itu didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur sulfur (S). Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau. Salah satu gas yang terbentuk dari unsur itu adalah gas H2S (hidrogen sulfida) yang terkenal sangat bau.

Bau yang ditimbulkan dari petai itu sebenarnya cukup mengganggu, terutama bagi orang lain yang tidak ikut mengkonsumsi (salah sendiri kenapa gengsi). Bagi yang mengonsumsi, meskipun bau setidak-tidaknya sudah menikmati kelezatan petai. Namun, bagi orang lain yang tidak ikut menikmati dan cuma kebagian baunya, akan merasa sangat terganggu. Apalagi dengan air seru yang dikeluarkannya. Jika pemakan petai ini buang air di jamban kurang sempurna membilasnya, jamban akan berbau tidak enak dan mengganggu ketenangan dan kondisi mental ;p orang lain.

Trus gimana cara menghilangkan bau si Pete ini?? Jawabannya belum ada cara yang benar-benar klop. Meskipun kita bisa menguranginya dengan cara mengkonsumsi ketimun/mentimun atau juga dengan mengunyah sedikit bubuk kopi lalu minum air putih.

Apa khasiat tersembunyi dari si Mr.petai ini, beberapa diantaranya adalah dapat mengendurkan syaraf-syaraf dan menghilangkan depresi karena petai mengandung triptofan, yaitu asam amino yang dapat diubah tubuh menjadi serotonin. Serotonin merupakan suatu neurotransmitter yang dapat memberikan efek cooling (calming effect). Efek tersebut akan membuat tubuh menjadi rileks, mood membaik, dan secara keseluruhan dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Hal itu disebabkan oleh kemampuan tirptofan untuk mengendurkan saraf di otak. Selain itu petai juga bisa sebagai obat hati (bukan karena patah hati loh) dan ginjal.

Nah setelah mengenal fakta dibalik petai apa masih gengsi makan petai??

Sumber : wikipedia, portal.cbn.

15 Tanggapan to “[Just For Fun] Rahasia Dibalik Petai”

  1. dewo Says:

    Untuk menghilangkan bau pete caranya gampang! Sehabis makan pete, makan saja jengkol. Maka bau pete akan hilang! (dan diganti bau jenkol. Hihihi…)

  2. dodski Says:

    bukan gengsi siy! tapi tetep aja berasa mau pingsan dengan baunya yanga duhai ituh😀 eheheheh! soal khasiat pete… memang yadud punya dia-nya😀

  3. mak nyusss...... Says:

    ho…ho…ho… tau aja kalo kita pada doyan banggeettzzzz makan pete, abis uuueeennak se…..mak nyoooossss deh’. Eh’ bro …..kalo ada info tentang “kedawung” donk ….. itu lho biji biji an yang bisa di makan juga …..biasanya buat jamu or buat obat mual……. kasi tau yaaa…..

  4. [Just For Fun] Rahasia Dibalik Jengkol « Code Breaker Zone Says:

    […] For Fun] Rahasia Dibalik Jengkol Sebelumnya saya sudah membahas tentang rahasia dibalik petai, sekarang kita cari tau saudara dekatnya (dalam hal baunya yang eksotik) yaitu […]

  5. Siska Says:

    Assalamualaikum wr.wb. ga nyangka pete oh pete, gile gue jadi termotivasi untuk menambahkan pete dalam menu sambal goreng ntar pas lebaran, hidup petai!

  6. YounKobain Says:

    beuh gua pernah ntuh makan pete 1 gantung malem² bareng ama nasi goreng and bareng ama Ame (Anggur Merah) udah gw makan ntuh nasi goreng pete dalam keadaan teler karena ame ada di sebelah nasi goreng gw kontan gw minum Ame. besoknya… jam 5 pagi ilang dah ntuh bau pete tapi kepala gw masih jangar.

  7. 3ple JIe @oN Says:

    petai…………..
    huh baw,,
    bau bau lu bau pete…………….
    rasa pete sebenarnya gimana cie……………
    enak g???????????
    hahahahahaha…………….

  8. yenni Says:

    pete’….??? makanan kesukaanku. biarpun dah kenyang… tp kalo ada temen ato keluarga yg nawarin makan lagi dengan menu pete’ pasti gw gk tolak…… makan lageeeee deh… I LOVE PETAI

  9. okto Says:

    wow pete…
    makan gereh ( bisa juga yg laen ) plus sambel plus lalap pete mentah…
    wah jan uenakkk polll ( bisa abis pete 20 butir nih )
    elu2 yg lom pnh coba musti ngrasain deh…
    jgn bo’ong…pasti ketagihan nih makan pete…hahaha

  10. emy Says:

    bagi para penggemar petai…gak usah kwatir deh akan baunya…tlah ditemukan cara tuk menanggulanginya…stelah makan petai….telanlah 2-4 butir vitamin B….dijamin…sebakul makan petai pun…baunya pasti gak gangguin….klo gak terbukti berarti bau petai..emang demen ama kamu2…

  11. farni Says:

    oh pete …..kau adalah makanan paporit ku,klo mkn ada pete pasti lahap abis oh…. pete kau telah buat aku jd enk makn,cayooo….. hdup pete……

  12. 雜誌 Says:

    I’ve been surfing online more than 3 hours nowadays, but I by no means found any interesting article like yours. It is pretty value sufficient for me. Personally, if all web owners and bloggers made good content material as you probably did, the net will probably be much more useful than ever before.

  13. winnipeg magician Says:

    Hey everyone!!

    I’m a famous wizard from Winnipeg. Please see my magic web site. I won several honours for being the greatest wizard, now I need to talk about my magic trick with you. I’ve preformed as
    a mentalist for several years all over Canada.
    I’m one the most talented and best magicians in Winnipeg!

    Thanks!

  14. Electric vibrator Says:

    Hi there! Would you mind if I share your
    blog with my facebook group? There’s a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: