Membaca Ebook Berformat LIT di Linux

Punya Ebook atau file yang berformat LIT?? Yup untuk dapat membuka file yang berformat LIT kita harus menggunakan program Microsoft Reader. Sayangnya sebagai pengguna Linux saya sering kesulitan untuk membaca koleksi ebook berformat LIT milik saya. So how???

Hmm, setelah bersemedi lama di tempat Mbah Google akhirnya saya mendapatkan wangsit bagaimana caranya membaca file-file berformat LIT di Linux. Dengan menggunakan program Wine.

Wine adalah program emulator di Linux untuk dapat menjalankan aplikasi berbasiskan windows. Lalu apa yang akan kita lakukan dengan program Wine ini???

Jangan salah saya bukan mau menginstall Microsoft Reader di Linux dengan menggunakan Wine… You are wrong my friend.. Kenapa?? Karena sudah pernah saya coba hal tersebut namun ternyata GATOT alias Gagal Total.

Disini yang saya lakukan adalah mengkonversi file berformat LIT tersebut menjadi format yang bisa dikenali di Linux. Disini saya menggunakan distro Ubuntu Feisty namun cara ini dapat pula diterapkan pada distro yang lain.

Yang dibutuhkan adalah Wine dan ABC Amber Lit Converter. Program ABC ini adalah program converter dari file berformat LIT ke berbagai format seperti HTML, PDF, dll. Program ini berlisensi freeware. Jika belum menginstall wine silakan install dari repositori favorit anda.

sudo apt-get install wine

Setelah wine terinstall selanjutnya kita menginstall ABC Amber Lit Converter dengan menggunakan Wine. Copykan file instalasi ABC Amber ke directory home anda. Lalu install dengan menggunakan wine.

sudo wine abclit_setup.exe

Maka proses instalasi ABC Amber akan berlangsung seperti dilingkungan Windows. Jika proses instalasi berhasil maka sekarang di desktop anda sudah tampil icon shortcut ABC Amber Lit Converter.

Sekarang kita bisa mengconvert file berformat LIT yang kita miliki dengan menggunakan program ABC Amber LIT Converter. Dalam hal ini saya mengconvert file LIT saya menjadi format HTML. Dan akhirnya saya bisa kembali menikmati membaca koleksi Ebook saya di Linux.

Sebenarnya ada beberapa program converter LIT yang berlisensi GNU dan bisa langsung digunakan di Linux, seperti Convert LIT atau Open Convert LIT. Saya sendiri sudah pernah menggunakan Open Convert LIT. Silakan compile sendiri source dari Open Convert LIT. Namun sayangnya hasil konversi program tersebut memecah file HTML menjadi perhalaman sehingga file yang dihasilkan terlalu banyak.

Selamat Membaca.

5 Tanggapan to “Membaca Ebook Berformat LIT di Linux”

  1. dewo Says:

    Oh gitu tho caranya.
    Thanks infonya. Salam.

  2. agusis Says:

    itusih saya sudah tahu dari dulu.
    yang sedang saya cari adalah aplikasi yang bisa membaca seperti ms reader tapi untuk linux.
    salah satu kelebihan msreader adalah jika kita terakhir membaca pada halaman tertentu, besok atau lain kali kita ingin membaca lagi langsung terbuka pada halaman yang terakhir kita baca.
    bukan konverter seperti abcamber lit.
    jadi kita bisa membuat ebook di OO dan bisa membaca seperti msreader.

  3. dian Says:

    salam kenal…
    tadi browsing2 eh jadinya mampir di situs anda
    btw, bagi2 donk e-book berbasis lit-nya
    lagi seneng aja ngumpulin, mayan bisa dibaca di pda sambil lunch

    many thanks ya🙂

  4. Ponky Says:

    Saya pernah instal wine di ubuntu hardy, tp selalu gagal untuk menambah aplikasi windows! Apakah installernya hrs dtaruh di home nya linux dulu boz? Thx telah share ilmunya.

  5. alfaroby Says:

    informasi yang bermanfaat sekali
    makasih..
    salam kenal


Tinggalkan Balasan

