Kronologi si ‘Note’

Melihat partisi Notebook saya yang berantakan karena awalnya si ‘note’ ini tidak saya persiapkan untuk di install Ubuntu, namun karena pentingnya untuk memigrasikan OS saya dari Windows Jendela ke Linux maka hajar bleh saja deh tuh si Note. Walhasil partisi si Note jadi berantakan tidak karuan..

Walaupun pada dasarnya sebagian besar pekerjaan Saya kerjakan di Linux tapi Saya tidak meng-uninstall si Jendela karena ada beberapa pekerjaan yang memang harus saya coba di Jendela. Apalagi kalo data client cuma bisa di buka di Jendela.

So liburan kemarin Saya sempatkan waktu untuk memperbaiki si Note. Rencananya adalah format total tuh Hardisknya si Note lalu buat 5 Partisi.

  • Partisi 1 untuk Jendela Vista (NTFS)
  • Partisi 2 untuk Backup data (NTFS)
  • Partisi 3 untuk Swap (Swap)
  • partisi 4 untuk / (system) (Ext3)
  • partisi 5 untuk /home (home ubuntu) (Ext3)

Karena pada awalnya instalasi Jendela Vista terdapat pada partisi pertama (default dari Acer) maka pertama-tama Saya membuat DVD untuk Factory Installation Jendela. Hasilnya adalah 2 keping DVD berisi Vista Home Original.

Selanjutnya tinggal si Ubuntu, pilihannya adalah Clean Install atau Backup total seluruh partisi. Maka yang dipilih adalah Backup aja. Untuk tugas ini Saya menggunakan senjata andalan Saya, SystemRescue CD. Dengan menggunakan SR CD saya menggunakan Partimage untuk membuat Image dari partisi / (System) dan /home (home). Hasilnya dua buah file Image tersimpan dengan rapih di Hardisk Eksternal saya.

Oke, berarti semua data sudah di backup, selanjutnya adalah membantai semua isi hardisk si Note. Dengan menggunakan Gparted dari SR CD saya bantai semuanya ibarat samurai membantai pasukan (Halah!!). Setelah hardisk kosong melompong selanjutnya lanjutkan dengan proses membuat partisi seperti yang sudah direncanakan.

Alhamdulillah sampai dengan proses ini tidak ada masalah yang berarti.. artinya semua masih lancar-lancar aja. Oke, untuk selanjutnya Install Jendela menggunakan DVD yang tadi sudah di burn… Ternyata oh ternyata … Lama be’eng proses instalasinya.. belum lagi Jendela mengkonfigurasi semua driver.. Makan waktu lebih dari 2 jam setengah… Jadi bisa ngopi… mandi.. dll dulu deh.. Dan eng-ing-eng Jendela Vista terinstall sudah di HD si Note.

And Now si Ubuntu yang tersimpan di HD Eksternal akan di keluarkan.. Oke, restart lalu reboot lagi dari SR CD lalu jalankan perintah Partimage. Dari Partimage restore file backup Ubuntu disesuaikan dengan partisi yang sudah ada di Harddisk. Selanjutnya restore MBR (Master Boot Record) dari partisi. Selanjutnya restart…. Tapi Ternyata Oh ternyata… Tidak… partisi hardisk ternyata menjadi kacau kemungkinan karena restore MBR… Dan akhirnya saya harus mengulang semua proses di atas (bagian install Vista dan Ubuntu) sampai ubuntu sudah ada di Hardisk..

Karena kapok, akhirnya saya melakukan pendekatan lain.. install Grub langsung dari SR CD. Dan akhirnya.. Alhamdulillah berhasil.. Kalo kata Dora The Explorer “Berhasil, Berhasil, Hore!!!”…

Namun ada sedikit masalah.. Karena partisi baru untuk Ubuntu lebih besar dari partisi lama.. entah kenapa si Ubuntu tetap membaca free capacity dari HD masih membaca partisi yang lama.. ternyata memang ada yang harus di sesuaikan agar Ubuntu bisa kembali dengan benar membaca kapitas HD si Note.

Untuk detail teknis, Tunggu tulisan berikutnya.. mengenai menggunakan SystemRescue CD, Partimage dan mengembalikan Grub serta Memperbaiki Ubuntu yang salah membaca kapasitas hardisk setelah di restore.

Tunggu ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: