Hobi Baru

Hobi baru saat ini : Membuat Papercraft…

Setelah menemukan situs ini, saya jadi kecanduan untuk membuat seni kertas. Cukup mudah tinggal download > print > potong > lalu lipat..

Lumayan untuk melatih otak saya yang belakangan ini cenderung kiri terus.. Sekali-kali beri kegiatan juga untuk otak kanan.

dsc00047

dsc00052

dsc00049

Iklan

Kronologi si ‘Note’

Melihat partisi Notebook saya yang berantakan karena awalnya si ‘note’ ini tidak saya persiapkan untuk di install Ubuntu, namun karena pentingnya untuk memigrasikan OS saya dari Windows Jendela ke Linux maka hajar bleh saja deh tuh si Note. Walhasil partisi si Note jadi berantakan tidak karuan..

Walaupun pada dasarnya sebagian besar pekerjaan Saya kerjakan di Linux tapi Saya tidak meng-uninstall si Jendela karena ada beberapa pekerjaan yang memang harus saya coba di Jendela. Apalagi kalo data client cuma bisa di buka di Jendela.

So liburan kemarin Saya sempatkan waktu untuk memperbaiki si Note. Rencananya adalah format total tuh Hardisknya si Note lalu buat 5 Partisi.

  • Partisi 1 untuk Jendela Vista (NTFS)
  • Partisi 2 untuk Backup data (NTFS)
  • Partisi 3 untuk Swap (Swap)
  • partisi 4 untuk / (system) (Ext3)
  • partisi 5 untuk /home (home ubuntu) (Ext3)

Karena pada awalnya instalasi Jendela Vista terdapat pada partisi pertama (default dari Acer) maka pertama-tama Saya membuat DVD untuk Factory Installation Jendela. Hasilnya adalah 2 keping DVD berisi Vista Home Original.

Selanjutnya tinggal si Ubuntu, pilihannya adalah Clean Install atau Backup total seluruh partisi. Maka yang dipilih adalah Backup aja. Untuk tugas ini Saya menggunakan senjata andalan Saya, SystemRescue CD. Dengan menggunakan SR CD saya menggunakan Partimage untuk membuat Image dari partisi / (System) dan /home (home). Hasilnya dua buah file Image tersimpan dengan rapih di Hardisk Eksternal saya.

Oke, berarti semua data sudah di backup, selanjutnya adalah membantai semua isi hardisk si Note. Dengan menggunakan Gparted dari SR CD saya bantai semuanya ibarat samurai membantai pasukan (Halah!!). Setelah hardisk kosong melompong Baca entri selengkapnya »

Pesenan Buku Datang (lagi)

Hehehe… lagi lagi mesen buku, dan Alhamdulillah bukunya sudah tiba dengan selamat.. Kedua buku yang aku pesan adalah The Book of Names dan Self-Hipnosys Revloution (Image menyusul)…

Sebenernya udah lama juga ga berburu buku lagi di senen semenjak pasar buku bekas di kwitang di pindahkan.. Kangen juga jalan-jalan berburu buku di sana. Mungkin nanti akan diluangkan waktu untuk lihat-lihat buku di sana.

hmm… sepertinya juga sudah lama ga melakukan kegiatan di luar rutinitas pemrograman, design, ngoding, ngoprek.. Kayaknya udah mulai kangen sama kegiatan outdoor macam outbond atau sekedar jalan-jalan melepas stress.. (loh kok jadi curhat colongan gini)

Ah pokoknya mau merencanakan hal baru untuk menghilangkan kejenuhan… (berimajinasi ON)

Pesenan Buku Datang Lagi

Setelah kemarin pesan buku dari buku kita, jadinya saya ketagihan untuk beli lagi.. Kali ini saya beli lagi dari BukuKita dua novel baru untuk koleksi.

Akhirnya buku tersebut sampai juga.. Alhamdulillah..

Dexter n Secret Temple

Dexter n Secret Temple

Sekarang coba cari buku baru lagi ah…

Dexter

Dexter

The Last Secret of the Temple

The Last Secret of the Temple

Review Buku Super Great Memory

Sebelum libur lebaran ke Gramedia dulu untuk cari buku-buku bacaan, biasanya saya setiap bulan sudah menyiapkan bugdet untuk membeli buku dan komik. Cari punya cari sepertinya buku-buku yang diinginkan terlalu banyak sehingga terpaksa harus beli yang memang dibutuhkan saja. Buku yang akhirnya saya beli antara lain 13 Wasiat Terlarang, Super Great Memory (SGM) dan Buku tentang Hipnotis (Judulnya saya lupa).

Buku yang selesai saya baca saat ini adalah SGM, buku tersebut cukup menarik karena disusun dengan cara unik, yaitu dengan membuat halaman yang tidak langsung nyampung kiri dan kanan tapi dibagian kanan adalah pembahasan bukunya kemudian di sebelah kiri berisi artikel, joke bahkan puisi-puisi ringan.

Pengarang buku ini (ditulisnya) adalah pemegang rekor pertama Daya Ingat MURI Irwan Widiatmoko Master Trainer di BRAIN’S POWER INDONESIA. Buku setebal lebih dari 240 halaman ini berisi Tips, trik dan latihan untuk meningkatkan daya ingat.

SGM

SGM

Pembahasan buku tersebut seperti yang ada di judulnya adalah trik-trik meningkatkan kemampuan otak khususnya untuk meningkatkan daya ingat. Dibuku ini langsung dibahas trik-triknya kemudian langsung diberikan latihan sederhana untuk mempraktekan trik yang dibahas. Bahasa yang digunakan cukup ringan dan Baca entri selengkapnya »

Nge-plurk Yuk..

Plurk? Apa pula itu?? Plurk merupakan salah satu dari banyak layanan jejaring sosial. Pengguna layanan ini dapat mengirimkan pesan singkat (bukan SMS loh) melalui halaman web atau Mobile Application. Katanya sih mirip dengan Twitter dan Jaiku, tapi saya sendiri terus terang belum pernah coba hehe…

Saya sendiri kenal plurk lewat sini, jadi penasaran dan apa salahnya dicoba aja lah.. Eh tau-tau malah jadi kecanduan…

Cara mainnya (halah) cukup mudah, sign in kemudian tinggal tuliskan pesan mu.. Trus apa gunanya dong?? Yah selain sebagai media sosial bisa juga sebagai catatan online, karena mudah di akses juga lewat ponsel yang bisa GPRS sekaligus bisa sebagai media corat-coret untuk menghilangkan kepenatan… Atau juga sebagai media supaya terkenal hehe..

Lagipula dari segi tampilan, layanan ini mudah di gunakan dan tidak terlalu rumit sehingga yah bagi orang awam seperti saya tidak kesulitan untuk menggunakannya. Lebih banyak tentang layanan ini cek di sini

[Just For Fun] Rahasia Dibalik Jengkol

Sebelumnya saya sudah membahas tentang rahasia dibalik petai, sekarang kita cari tau saudara dekatnya (dalam hal baunya yang eksotik) yaitu Jengkol….

Bau

Jengkol atau jering dalam bahasa latin Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara, termasuk yang digemari di Malaysia, Thailand dan Indonesia terutama di wilayah Jawa Barat yang seharinya dikonsumsi ±100 ton. Jengkol termasuk tanaman polong-polongan. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap setelah diolah dan diproses oleh pencernaan.

Kenapa Jengkol itu punya bau yang menusuk??? Baca entri selengkapnya »